Hubungan Software, Hardware & Brainware
Hardware adalah
unsur penyusun komputer yang dapat kita sentuh karena merupakan peralatan yang
berupa fisik yaitu alat elektronik dan mekanik.
Software adalah unsur penyusun komputer yang tidak dapat kita sentuh karena berupa perintah untuk mengatur komputer dan biasanya disimpan di CD-R,CD-RW, Flashdisk, disket.
Brainware adalah unsur dimana yang berasal dari akal manusia maksudnya, bila tidak ada manusia komputer tidak bisa digunakan.
Software adalah unsur penyusun komputer yang tidak dapat kita sentuh karena berupa perintah untuk mengatur komputer dan biasanya disimpan di CD-R,CD-RW, Flashdisk, disket.
Brainware adalah unsur dimana yang berasal dari akal manusia maksudnya, bila tidak ada manusia komputer tidak bisa digunakan.
Hubungan atau perpaduan ketiganya dalam menunjang kualitas pembelajaran di sekolah dapat dirasakan pada pembelajaran berbantuan komputer. Pembelajaran berbantuan komputer adalah aplikasi komputer sebagai bagian integral dalam sistem pembelajaran terhadap proses belajar dan mengajar yang bertujuan membantu siswa dalam belajarnya bisa melalui pola interaksi dua arah melalui terminal komputer mau pun multi arah yang diperluas melalui jaringan komputer (baik lokal mau pun global) dan juga diperluas fungsinya melalui interface (antar muka) multimedia. Penerapan komputer dalam dunia pendidikan dan pembelajaran harus memperhatikan keefektifan tiga komponen (Brainware, Hardware, dan Software) dari semua komponen ini tidak dapat berdiri sendiri. Sebab komponen-komponen tersebut harus berintegrasi menjadi satu kesatuan yang utuh. Letak dari bahan pembelajaran yang diprogramkan dalam komputer (komputer server) terdapat dalam komponen software dari komputer yang biasa kita sebut “courseware”. Antara hardware dan software (program dan sistem operasi) itu harus cocok (compatible) sehingga program (courseware) dapat dijalankan. Dengan demikian kehadiran guru di kelas (instruktur di lembaga kepelatihan) digantikan oleh media komputer, maka interaksi belajar mengajar terjadi adalah interaksi antara siswa dengan media komputer. Karena itu, dalam proses pengajaran berbantuan komputer ini ada dua hal yang menjadi sorotan, yaitu pertama pengajar dalam hal ini kehadirannya digantikan komputer dan kedua si belajar. Komputer dapat dikatakan sebagai alat untuk mempertinggi bermacam-macam teknologi pembelajaran. Kesemuanya itu bersifat interaktif dari pembelajaran berbantuan komputer sebagai cara aktif dari pembelajaran yang membutuhkan respon dari respon siswa.Aplikasi komputer sebagai media pembelajaran memberikan beberapa keuntungan. Komputer memungkinkan perserta didik belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan, perserta didik dapat melakukan control terhadap aktivitas belajarnya, membantu peserta didik yang lambat (slow learner), dan dapat memacu efektivitas belajar bagi perserta didik yang lebih cepat (fast learner). Keuntungan lain dari penggunaan komputer dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar dengan penggunaan waktu dan biaya yang relative kecil (cost effectiveness). Contoh yang tepat untuk ini adalah program komputer simulasi untuk melakukan percobaan mata pelajaran sains atau IPA. Komponen utama komputer merupakan bagian yang harus ada dalam sebuah sistem komputer, karena dalam sebuah sistem komputer jika satu saja dari komponen utama tersebut tidak ada, maka sistem komputer pun tidak akan berjalan atau tidak befungsi sebagaimana yang diharapkanKomponen utama dalam sistem komputer ada tiga yaitu:
- Hardware
- Software
- Brainware
Hardware atau
perangkat keras dalam sistem komputer merupakan komponen yang
secara fisik dapat dilihat dan diraba yang membentuk suatu kesatuan
sehingga dapat difungsikan.Perangkat tersebut antara lain adalah:
- Keyboard
- Mouse
- CPU
- Monitor
- Printer
SoftwareSoftware
atau perangkat lunak adalah suatu program yang berisi instruksi-instruksi
(perintah) yang dimengerti oleh komputer. Perangkat komputer
yang terdiri dari jutaan komponen elektronik tidak dapat melakukan kegiatan
apapun tanpa adanya software. Dengan adanya software ini kita dapat meminta
pada komputer untuk : mengetik suart/dokumen, menghitung, menggambar,
megeluarkan suara dan lain sebagainya.Software dapat dibedakan
berdasarkan fungsinya antara lain yaitu:
- Sistem Operasi
- AplikasiSistem OperasiSoftware Sistem Operasi, berfungsi sebagai :
- Interpreter yaitu: Menterjemahkan perintah dari software aplikasi kedalam perintah yang di mengerti oleh computer
- Configurasi Hardware yaitu: Mengenal peralatan pendukung komputer (pheriperal)
- Manajemen File yaitu: Pengolahan File (data dan program).
Contoh sistem
operasi: Windows, Linux, dll Aplikasi Software Aplikasi ini
dikelompokan berdasarkan fungsi atau bidang pekerjaan yang dilakukan,
Software aplikasi yang umum ada di pasaran antara lain :
- Pengolah Kata (Word Processing) Contoh: Microsoft Word, Word Perfect, Open Office, dll.
- Pengolah Angka atau Data tabel (Spreadsheet) Contoh: Microsoft Excel, Lotus 123, Super Calc, dll.
- Pengolah Database Contoh: Microsoft Access, Fox Pro, dll.
- Membuat Slide Presentasi Contoh: Microsoft Power Print, Story Board, dll.
- Pengolah Gambar Contoh: Adobe Photoshop, ACD See dll.
- Java Bahasa pemrograman Contoh: Pascal, Java, Visual Basic, dll. Game (Software Permainan) Contoh : PC GameDan lain sebagainya
BrainwareBrainware
yaitu pemakai komputer atau orang yang mengoperasikan komputer
(User), karena secanggih apapun komputer jika tidak ada orang mengopersikan
(user) nya maka komputer tersebut tidak dapat digunakan.User atau
pemakai komputer ada 3 tingkatan yaitu:
- Sistem Analis
- Programer
- Operator Interaksi antara KomponenDari ketiga komponen dalam sebuah sistem komputer yaitu Hard ware, Soft ware dan Brainware, satu dengan lainnya saling berkaitan erat.
Jika satu
komponen saja tidak ada maka sistem komputer tidak dapat berjalan. Karena
komputer hanya merupakan rangkaian komponen-komponen elektronik yang dapat
berfungsi atau bekerja bila semua komponen utama-nya saling mendukung.
Ketiga komponen pengolah data dalam sebuah sistem komputer dapat digambarkan
seperti pada gambar di samping.